Sidang MPR, Jokowi: Laporan Keuangan Pemerintah Dapat WTP Tiga Tahun - Rumah Berita

Rumah Berita

Berita Terupdate Masa Kini

Breaking

Kamis, 15 Agustus 2019

Sidang MPR, Jokowi: Laporan Keuangan Pemerintah Dapat WTP Tiga Tahun

Sidang MPR, Jokowi: Laporan Keuangan Pemerintah Dapat WTP Tiga Tahun


 Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membacakan pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR RI. Dalam pidatonya, ia memaparkan kinerja keuangan di depan para Ketua dan Anggota MPR RI.

Salah satunya yaitu raihan laporan keuangan pemerintah pusat yang meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama tiga tahun berturut-turut, 2016-2018.

"Alhamdulillah, laporan keuangan pemerintah pusat 2016-2018 memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP. Pemerintah Daerah (Pemda) juga mencatat prestasi. Pemda dengan WTP berhasil ditingkatkan dari 47 persen di tahun 2014 menjadi 78 persen di tahun 2018," kata Jokowi di Gedung MPR-DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selain itu, tutur Jokowi, kinerja dan kepatuhan pemerintah dan lembaga lainnya telah diperiksa oleh BPK. Sehingga, bisa mengembalikan kas dan aset negara Rp 4,38 Triliun pada tahun 2018.

"Tata kelola yang efektif dan efisien, yang gesit, lincah, dan cekatan menghadapi perubahan juga harus terus diupayakan," katanya.

Jokowi pun menegaskan, penggunaan APBN terus dilakukan secara transparan. Bahkan, penggunaan APBN satu rupiah bakal terus tercatat.

"BPK mengemban tugas memastikan APBN dapat dipertanggungjawabkan. Serta memastikan setiap rupiah dalam APBN digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat," pungkas dia.

BANDAR DOMINO99 | AGEN BANDARQ | AGEN POKER | DOMINO ONLINE | AGEN DOMINO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages

close