Mejeng dan Merakit Bareng ala Gundam Community Indonesia - Rumah Berita

Rumah Berita

Berita Terupdate Masa Kini

Breaking

Jumat, 16 Agustus 2019

Mejeng dan Merakit Bareng ala Gundam Community Indonesia

Mejeng dan Merakit Bareng ala Gundam Community Indonesia

 Gundam Community Indonesia atau GCI merupakan sebuah komunitas sekaligus wadah kopi darat bagi para pecinta gundam. GCI sendiri dibentuk pada 2014 lalu setelah awalnya lebih dulu dibentuk chapter-chapter daerah seperti Depok, Bandung, Bogor, dll.

Menurut Iman Tulus, admin GCI, komunitas ini menjadi wadah bagi para fans Gundam untuk berkumpul dan berdiskusi mengenai hal apapun tentang Gundam, bukan hanya mainan rakitan gunpla-nya saja.

"Kita benar-benar sharing pengalaman. Cerita ngerakit dan cerita mengenai Gundam itu gimana," kata Iman kepada Suara.com baru-baru ini.

Saat ini, anggota GCI terutama yang terdaftar di akun Facebook resmi komunitas mencapai 12 ribu orang. Sementara pengurus intinya bisa mencapai 20 sampai 30 orang.

Di GCI, pecinta Gundam berasal dari berbagai macam latar belakang mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa sampai orang-orang kantoran. Dari segi 'koleksi', anggota GCI juga tak terpatok hanya pada bentuk gunpla kit saja

Iman sendiri mengakui bahwa pecinta Gundam bisa terbagi menjadi dua jenis, ada yang sebagai bentuk hobi dan rekreasi, ada juga yang menjadikannya sebagai investasi.

"Kalau yang investasi biasanya tidak dibuka boksnya, tidak dirakit dengan harapan nanti di masa depan, dijual lagi dengan harga berkali lipat," katanya.

Hanya saja, sambung Iman, Gundam merupakan perusahaan yang selalu memproduksi ulang mainan atau merchandisenya. Jadi kecil kemungkinan harga Gundam akan naik dan malah cenderung stabil.

Tapi peluang investasi biasanya muncul untuk seri-seri terbatas. Kalau sudah begitu, kata Iman, harga Gundam akan naik dan kerap dijadikan barang investasi.

Di GCI sendiri, Iman hanya membatasi para pegiat komunitasnya pada ranah sharing atau berbagi, bukan jual-beli.

Ia mengatakan, urusan jual-beli bisa dilakukan di forum lain di luar GCI.

GCI sendiri kerap mejeng dan diberi wadah untuk mendisplay koleksinya dalam acara-acara pameran mainan.

"Kami belum bikin acara sendiri tapi selalu hadir di acara yang berhubungan dengan Gundam atau seperti toy fair, Indonesia Comic Con, atau Anime Festival Asia. Kami biasanya ada booth untuk showcase barang-barang anggota komunitas," tambahnya.

Pun saat tak diberi ruang untuk showcase, anggota komunitas biasanya akan tetap berkumpul dan melakukan gathering di area pameran mainan.

Untuk bisa bergabung dengan komunitas ini, Iman mengatakan calon anggota perlu masuk ke akun Facebook resmi GCI di Gundam Community Indonesia dan meminta permohonan bergabung.

"Nanti ada sedikit pertanyaan sederhana, ikutin aja, lalu bisa langsung gabung," tutupnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages

close